Kamis, 30 September 2010

rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris

NAMA : SUGIANTO
TUGAS STUDY : kapita selekta pendidikan islam
NPM : 21612008
DOSEN : M. MU’IS, MM.Pd

rencana pelaksanaan pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Recount
Alokasi Waktu : 6 x pertemuan


Standar Kompetensi :
Mendengarkan
 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
Membaca
 Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure
Berbicara
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Membaca
5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Menulis
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure



Indikator :
Mendengarkan
- Merespons ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
- Merespons ungkapan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
- Merespons teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
- Merespons teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur

Berbicara
- Ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
- Merespons ungkapan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
- Mengungkapkan teks fungsional pendek (misal pengumuman, iklan, undangan, dll)
- Mengungkapkan teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur
Membaca
- Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
- Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Menulis
- Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
- Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika i dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada unit di siswa diharapkan dapat:
- Merespons ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah
- Merespons teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
- Merespons teks monolog dalam bentuk recount
- Ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
- Mengungkapkan teks fungsional pendek (misal pengumuman, iklan, undangan, dll)
- Mengungkapkan teks monolog dalam bentuk recount
- Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
- Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei dalam teks berbentuk: recount
- Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
- Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika i dalam teks berbentuk: recount
B. Materi Plajaran
The Way to Introduce Ourselves and Others
C. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : laboratorium bahasa, kamus, Ensiklopedia
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- Buku LKS Tuntas
D. Strategi Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, paraktik dan penugasan
E. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi: siswa diingatkan tentang peristiwa masa lampau atau cerita tentang seseorang, bagaimana mengungkapkan tindak tutur tertentu, mengungkapkannya dalam bahasa lisan dan tertulis
b. Motivasi: memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami teks lisan dan tertulis
2. Kegiatan Inti
a. Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak tutur ungkapan perkenalan dan teks fungsional serta genre recount
b. Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis dalam percakapan atau monolog
c. Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang teks fungsional dan genre recount yang dipelajari
d. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal pada buku LKS dan buku penunjang lainnya
3. Kegiatan Akhir
a. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas rumah (PR)

F. Penilaian
1. Teknik : tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen : tes tertulis uraian
3. Soal/instrumen
1. Wati : Ita, .... my friend Lisa.
Ita : Hi, Lisa, glad to meet you
Lisa : Hi, Ita, glad to meet you, too.
a. say c. watch e. hear
b. look at d. meet
2. Soni : Ian .... my sister Ninda, Ninda, this is Ian.
Ian : Hi, Ninda. Glad to meet you.
Ninda : Glad to meet you too, Ian.
a. I am in class 1 c. I have to go now e. I want to introduce myself
b. I want to meet d. I want you to meet
3. Good morning everybody. May I introduce myself...?
a. My name is Andi. d. See you tomorrow.
b. It is alright, Andi. e. Please meet my brother, Andi
c. How do you do?
4. Aldi : Hello, I am Aldi.
Ratna : ....
a. So, this is Aldi d. I am your friend.
b. How are you Aldi? e. How do you do, Aldi? I am Ratna.
c. Yes, you are Aldi.
5. Tata : Hi, Zaki ....
Zaki : Hi, Tata. How do you do?
Tata :
a. How are you? c. How do you do? e. What is your name?
b. Are you Zaki? d. Thank you very much.




Cilegon, 13 Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




Hj. Ade Siti Robi`ah, S.Pd Darmini, SE
NIP.196510262007012006 NIP.196312102007012006
___________ ______________







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Recount
Alokasi Waktu : 6 x pertemuan


Standar Kompetensi :
Mendengarkan
 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
Membaca
 Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
Mendengarkan
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure
Berbicara
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Membaca
5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Menulis
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Indikator :
Mendengarkan
- Merespons ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
- Merespons ungkapan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
- Merespons teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
- Merespons teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur

Berbicara
- Ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
- Merespons ungkapan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
- Mengungkapkan teks fungsional pendek (misal pengumuman, iklan, undangan, dll)
- Mengungkapkan teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur
Membaca
- Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
- Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Menulis
- Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
- Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika i dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada unit di siswa diharapkan dapat:
- Merespons ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah
- Merespons teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
- Merespons teks monolog dalam bentuk recount
- Ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
- Mengungkapkan teks fungsional pendek (misal pengumuman, iklan, undangan, dll)
- Mengungkapkan teks monolog dalam bentuk recount
- Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
- Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei dalam teks berbentuk: recount
- Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
- Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika i dalam teks berbentuk: recount
B. Materi Pembelajaran
How We Can Say Greeting/Leave Taking
C. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : laboratorium bahasa, kamus, ensiklopedia
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- Buku LKS Tuntas
D. Strategi Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, paraktik dan penugasan
E. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi:siswa diingatkan tentang peristiwa masa lampau atau cerita tentang seseorang, bagaimana mengungkapkan tindak tutur tertentu, mengungkapkannya dalam bahasa lisan dan tertulis
b. Motivasi: memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami teks lisan dan tertulis
2. Kegiatan Inti
a. Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak tutur bertemu dan berpisah dan teks fungsional serta genre recount
b. Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis dalam percakapan atau monolog
c. Dengan berdiskusi siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang teks fungsional dan genre recount yang dipelajari
d. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal pada buku LKS dan buku penunjang lainnya
3. Kegiatan Akhir
a. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas rumah (PR)
F. Penilaian
1. Teknik : tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen : tes tertulis uraian
3. Soal/instrumen
1. Alex : Rud, this is my father. Dad, this is Rudi, my classmate.
Rudi : Hello, Akbar ....
Akbar : Hello, Rudi. Pleased to meet you too.
a. How are you? c. Pleased to meet you. e. Good morning, Mr. Budi.
b. How do you do? d. It is time to meet you.
2. Atina : Rico, this is Maya.
Rico : How do you do?
Atina : ....
a. I am allright. c. I am Rina. e. You are Rico?
b. Fine, thank you. d. How do you do?




3. Ika : Let me introduce myself ....
Mita : Hi Ika. I’m Mita, and they are Vani, Sarah, and Fauzan.
a. Hello c. My name is Ika. e. It’s time to say goodbye.
b. How do you do? d. This is my friend, Mita.
4. Your friend asks about your condition. You’re in a good condition. You say ....
a. am sad c. I am very anxious e. I am not worried
b. I am happy d. I am very well
5. Bedu : It’s time to go now. Good bye.
Ruben : ....
a. I am fine, thank you. c. Allright, I am Ruben. e. Pleased to meet you.
b. Good afternoon. d. Good bye.

Cilegon, 13 Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Hj. Ade Siti Robi`ah, S.Pd Darmini, SE
NIP.196510262007012006 NIP.196312102007012006

.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar